Kamis, 24 Desember 2009


Cukup lama juga bagian akhir seri Bagaimana Membangun Website yang Baik ini tertunda. Masalah kesehatan yang memburuk akhir-akhir ini ditambah kesibukan di tempat kerja bisa dijadikan alasan bagus untuk ini. Bercanda
Ok, Langkah berikutnya adalah:
1. Promosi
Meskipun internet adalah tempat dimana informasi tersedia secara gratis, namun dibutuhkan usaha extra untuk membuat suatu website menjadi terkenal. Berikut ini ada beberapa cara yang patut ditempuh (dan beberapa diantaranya efektif) dalam usaha promosi :
  • Mendaftarkan website di search engine terkemuka. Tips: gunakan www.submitexpress.com untuk menghemat waktu
  • Umumkan di facebook, twitter, myspace dan sejenisnya. Minta bantuan ke teman-temanmu untuk ikut mempromosikan website/blog anda
  • Cetak stiker. Mungkin cara ini sedikit lebih mahal dibanding cara-cara yang lain. Tapi mencetak stiker yang dapat ditempelkan (dibagian belakang kendaraan, misalnya) merupakan ide yang bagus bukan? Selain itu ada sisi positif tambahan dari langkah ini yaitu kredibilitas akan naik. Patut dicoba
  • Mengunjungi website yang sejenis (dan yang sudah lebih mapan) dan meninggalkan komentar yang baik juga dipercaya meningkatkan traffic website yang ujung-ujungnya meningkatkan pamor website anda
  • Mendaftarkan website ke social bookmark seperti technorati, digg, delicious dan yang sejenisnya
  • Ada tambahan lain..?

2. Inovasi
Siapa yang tidak suka dengan peningkatan mutu dan fungsionalitas website? Memanjakan pengunjung dengan fungsi-fungsi baru tentu adalah langkah selanjutnya setelah website mulai dikenal. Rajin-rajinlah mengamati perkembangan terbaru dari teknologi dunia website. Ide-ide baru sering muncul saat menjelajahi website-website lain. Dengan inovasi juga secara langsung memberitahukan kepada pengunjung bahwa website anda berkembang dan ditangani dengan serius.
Demikianlah rangkaian seri Bagaimana Membangun Website yang Baik. Banyak hal yang mungkin belum dijelaskan secara detail. Silahkan tinggalkan komentar dan saya akan coba bantu sebaik-baiknya. Semangat!

Bagaimana Membangun Website yang Baik (part 1 of 3)
Bagaimana Membangun Website yang Baik (Part 2 of 3)
Categories: ,

2 komentar:

  1. Apakah dalam proses pengembangan situs Web yang Bang Hery geluti selama ini, ada unsur semantik, aksesibilitas, usability yang diminta klien? Ataukah pengembang yang menawarkan kelebihannya akan fitur-fitur tersebut?

    Terima kasih. :)

    BalasHapus
  2. Terlebih dahulu yang harus dipegang adalah prinsip customer adalah raja. Artinya semua keinginan customer akan menjadi prioritas utama dalam pembangunan website, sebisa mungkin.

    Kemudian prinsip yang kedua barulah sebisa mungkin keinginan-keinginan customer itu harus tetap dalam koridor disiplin ilmu web development (sudah saya jabarkan secara summary di artikel ini dan 2 artikel sebelumnya).

    Untuk unsur semantik, aksesibilitas, usability terkadang sudah tercakup di dokumen website purpose yang diisikan oleh klien. Sebisa mungkin saya memang berusaha menggali 'maunya' klien seperti apa dengan pertanyaan-pertanyaan yang sekaligus mengajak klien menajamkan visinya tentang website yang akan dibuat.

    Sehingga tercapai kondisi klien senang saya(webdeveloper) hepi

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!