Sabtu, 31 Oktober 2009

Alhamdulillah, blog ini dalam 2 bulan perjalanannya sudah 'naik kelas' dari yang ber-ranking 25+ jutaan sekarang ini sudah menanjak ke ranking 3 jutaan. Lompatan yang cukup menggembirakan.


Memangnya apa sih gunanya ranking ini?

Untuk mengukur apakah suatu blog memiliki daya saing dibanding blog lain, kita memerlukan media benchmark. Parameter yang dihitung dalam benchmark umumnya berdasarkan jumlah pengunjung (traffic), backlink dan potensi pendapatan blog.
Di internet banyak ditemui website yang menyediakan layanan benchmark, diantaranya adalah :
  1. Google, dengan sistem Page Rank skala 0-10. Ranking tertinggi adalah 10. Sampai sekarang google belum membocorkan bagaimana kriteria penetapan ranking ini. Namun banyak pihak percaya, untuk meningkatkan Google page rank, selain memperbanyak pengunjung, suatu blog (atau website) harus memiliki banyak backlink (website lain yang menyertakan link menuju blog/website tersebut)
  2. Alexa, versi Page Rank milik Alexa juga berdasarkan jumlah pengunjung(traffic rank). Selain meranking website secara global, Alexa juga meranking website per negara.
  3. WebTrafficAgents dan WebsiteOutlook sebenarnya tidak secara khusus menyediakan sistem ranking. Kedua website ini menghitung berapa nilai(harga) suatu website. Parameter yang digunakan adalah Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, Jumlah pengunjung unik dan Page Impression.

  4. Technorati, secara khusus website ini menyediakan layanan ranking blog. 
Dengan rutin mengecek ranking blog aku bisa menganalisa efektivitas strategi untuk meningkatkan traffic. Senang rasanya menyaksikan ranking blog ini semakin baik dari hari ke hari.
I can do this!
Categories: ,

10 komentar:

  1. Mantep om analisis dan ifonya, tapi sekedar sheer ja kita ya om bukan menggurui saya lebih suka konsisten update artikel dengan sedikit trik nembak keyword serta berkomentar di blog teman...untuk meningkatkan traffic alexa, kalau PR ngak tau saya la blog saya ngak da PRnya hehehehehehe, makasih dah berkunjung di blog baru saya semoga artikel d blog saya bisa menambah wawasan walau sudah banyaj yang mengulas....tapi itu pengalaman pribadi saya hix hix hix see you om

    BalasHapus
  2. hmm, seepp bos analisisnya :D Pagerank dengan alexa rank saling beradu kayaknya.... ;)

    BalasHapus
  3. walau terkadang kita tidak menilai blog melalui pengukur2 diatas, tapi hal sangat penting bagi sebuah blog, mau tidak mau. khususnya yang terjun ke monetize blog :D

    BalasHapus
  4. makasih komentarnya temen-temen. Seneng rasanya dapat masukan dari senior-senior sekalia.

    BalasHapus
  5. salam kenal, baru tau sy kl PR tertinggi itu PR 10 sy kira PR 1 tertinggi, trims infonya boz,oiya menurut sy sebenarnya rangking itu menunjukan kegengsian suatu blog atau web saja, smakin bagus rangkingnya maka blognya semakin terkenal, kl sudah terkenal siapa tau ada yg masang iklan di blognya he..

    BalasHapus
  6. @script gratis: salam kenal juga. Ranking website tidak saja menunjukkan kegengsian tapi juga merupakan barometer apakah suatu blog/website sudah dikenali dengan baik oleh search engine. Kita sudah terbiasa untuk mencari info menggunakan search engine, makanya, semakin tinggi page ranking tentu semakin besar pula kemungkinan website kita nongkrong di halaman awal hasil pencarian dari search engine

    BalasHapus
  7. ayo terus tingkatkan untuk PR googlenya dengan menghadirkan artikel-artikel yang menarik dan berbobot secara berkala sesuai ketentuan dari google... ntar kalau dapat predikat minimal PR2, anda bisa moneytize blog anda....

    BalasHapus
  8. terima kasih dukungannya, ayo sama2 berusaha :)

    BalasHapus
  9. info baru yang menarik buat blog yang masih cupu/bayi ,makasih sobat

    BalasHapus

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!