Jumat, 04 September 2009

Meski Windows XP sudah berumur (semenjak tahun 2001) tapi pesonanya masih sangat kental di Indonesia. Kedatangan Vista dan Windows Seven juga masih belum bisa mengalahkan dominasi Windows XP sampai sekarang ini.
Dari pengalamanku dari 2001 hingga kini memakai XP, ada beberapa tips yang ingin aku bagikan:
  1. Download dan Install TuneUp Utilities (shareware 30 hari). Program ini banyak memberikan tools yang bisa menjaga komputer kita tetep berjalan mulus juga menghasilkan tampilan Windows yang 'Gue Banget'. Jangan khawatir dengan segala pilihan yang bisa diatur dari program ini, segala setting bisa dihapus kok selama memang berhubungan dengan sistem operasi dan registry. Favoritku adalah fitur 1-click maintenance. Gunakan tool ini secara berkala namun rutin - misalnya 2 minggu sekali.
  2. Install antivirus, aku gak kasi referensi tertentu tentang 'brand' antivirus tertentu yang penting sering di update - bisa lewat internet langsung atau dari cd bonus majalah-majalah komputer. Favoritku Avast Antivirus Home edition karena gratis, gak rakus RAM, file update kecil jadi gak membebani koneksi internet.
  3. Pisahkan lokasi penyimpanan file-file data dengan file-file program komputer. Best practice-nya adalah membuat dan menyimpan file data di partisi terpisah dengan drive Windows-nya. Ini menghindari kemungkinan data yang hilang akibat Windows-nya harus di instal ulang.
  4. Backup data-data penting kedalam CD/DVD kosong. Harddisk gimanapun hebatnya tetap ada kemungkinan rusak sehingga tidak berfungsi lagi. Sedia payung sebelum hujan (^.~)
Dengan ke-4 tips diatas dijamin kamu bisa berkomputer dengan hati tenang. Selamat mencoba.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda..?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Langganan RSS Feed Follow me on Twitter!